Kamera DSLR VS Kamera Smartphones

Mari berdikusi sedikit tentang fungsi kamera yang tertanam dalam handphone anda. Saya pernah menggunakan kamera di smartphone pertama saya motorola Q8 dengan OS WindowsMobile 6.1 untuk berbagi gambar via aplikasi Palringo, di sebuah groupchat saya pernah sharing gambar yang diambil dari kamera beresolusi 1,3 mp tentang kondisi dari sebuah pameran teknologi di jakarta dimana saya mulai sadar bahwa smartphones yang beredar sekarang telah memiliki fitur kamera yang wow...yah WOW :(

kenapa begitu WOW  Kehadiran teknologi kamera digital pada ponsel mungkin awalnya kurang begitu berguna. Namun dengan melihat kegiatan kita sehari-hari, seringkali momen-momen tertentu bahkan kejadian-kejadian kecil sekalipun perlu kita abadikan bukan untuk kenangan, tetapi sebagai catatan :) pengganti notes. Kalau kita bicara paperless, disinilah manfaat kamera pada ponsel. Mengunjungi toko yang menjual harga paling cocok, kita tidak mengingat nama dan alamat toko tersebut saja tapi juga bisa difoto. Melihat harga barang, kita foto. Melihat catatan-catatan pada papan tulis, juga kita foto. Untuk kemudian di rumah atau saat lebih santai kita salin ke catatan dalam bentuk lain yang lebih rapi. Kamera pada ponsel akan menghemat kertas, menghemat waktu, dan ramah lingkungan :)

Belum lagi kehadiran facebook, twitter dan lain lain sebagai media sosial dimana masih bersabar menerima jutaan photo narsis yang kita posting *Uhuk

mari membaca artikel di bawah ini supaya definisi fungsi yang saya jelaskan di atas terlihat lebih manusiawi untuk dimengerti :|

Kamera di ponsel kini makin baik bahkan resolusinya sudah mencapai 12 MP. Fitur ponsel resolusi tinggi ini juga hampir setara dengan kamera digital. Kehadiran ponsel resolusi tinggi bisa mengancam keberadaan kamera digital.

Resolusi ponsel kamera sudah lama menyaingi kamera digital. Vendor ponsel yang getol memperbaiki resolusi adalah Sony Ericsson dan Samsung. Kedua vendor ini sudah mengenalkan ponsel 12 MP, padahal kamera digital masih banyak memiliki resolusi di bawah 8 MP.

Tapi resolusi ponsel yang makin tinggi dinilai bukan sebagai ancaman. Senior Marketing Manager PT Datascrip distributor kamera Canon, Monica Aryasetiawan mengatakan kemampuan kamera ponsel sulit akan setara dengan kamera digital.

Pengembangan kamera digital diutamakan untuk memperbaiki penyempurnaan gambar. Sementara ponsel lebih ke perangkat telekomunikasi. “Zoom kamera di ponsel tidak bisa sebaik seperti di kamera digital. Mungkin masih butuh 10 tahun lagi, ponsel kamera bisa memiliki fungsi setara dengan kamera digital,” katanya di Jakarta, kemarin.

Sementara ponsel kamera bisa menjadi pertimbangan konsumen dengan keberadaan situs jejaring sosial semacam Facebook yang populer. Untuk upload foto ke situs jejaring sosial seperti itu, ponsel kamera lebih mudah karena bisa mengakses langsung tanpa perlu komputer atau perangkat lain.

Tapi hal itu dibantah Monica. Menurutnya kamera digital sejak awal bukan didesain untuk mobilitas. Tujuan kamera digital adalah untuk dicetak, bukan diupload ke situs internet. Untuk urusan pencetakan ini, ponsel kamera tidak akan bisa bersaing dengan kamera digital.

“Untuk dicetak apalagi ukuran besar, ponsel kamera tidak akan bisa menghasilkan gambar secara detail. Misalnya pembesaran untuk majalah. Bisa sama-sama dengan resolusi 8MP, tapi hasil di kamera digital pasti lebih baik dari ponsel kamera,” jelasnya.

Untuk saat ini, resolusi kamera digital telah bergerak di atas 8 MP. Monica mengatakan 8 MP telah menjadi standar resolusi. Meskipun berpengaruh ke harga, tapi kualitasnya lebih baik. Produk murah, kata Monica juga bukan solusi meskipun ekonomi sedang lesu.

“Market low end sangat fragile. Justru jika terkena dampak ekonomi, maka market di kelas bawah akan terkena dampak yang lebih besar,” katanya.

Head of Marketing Sony Ericsson Indonesia Djunadi Satrio mengatakan ponsel multimedia akan terus menjadi trend beberapa waktu ke depan. Dari segi fitur, musik serta kamera akan terus menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih sebuah ponsel.

Djunadi mengatakan kebutuhan ponsel dengan kamera 12,1 megapiksel memang belum banyak. Tapi kamera seperti itu dibutuhkan konsumen yang ingin mencetak hingga ukuran besar.

Untuk pasar yang lebih luas, Sony Ericsson ingin meningkatkan imagenya sebagai yang paling cepat berinovasi di teknologi. Pada 2008 Sony Ericsson adalah yang pertama mengenalkan ponsel dengan kamera 9 megapiksel. “Pada Februari 2009, Sony Ericsson mengenalkan Satio didukung 12,1 megapiksel, tertinggi yang ada di pasaran,” imbuh Djunadi.

[Sumber: INILAH.COM]

tapi, tapi bagaimana dengan Nokia??

Sejauh pengamatan saya smartphones dengan resolusi tertinggi masi di pegang

N8 dari Nokia, jika dilihat dari resolusinya saja N8 bahkan sudah sebanding dengan canon EOS 1100D, mari kita intip spesifikasi kamera N8

Foto Kualitas tinggi pada Nokia N8
Kualitas foto terbaik yang bisa anda dapatkan dari Nokia N8, terutama datang dari Kualitas kamera resolusi tinggi, yang tidak tanggung-tanggung yaitu sensor sebesar 12 MP, ditambah dengan dukungan lensa autofocus dari Carl-Zeiss, yang merupakan produsen terbaik untuk lensa dunia, maka Nokia N8 adalah pilihan yang tepat bagi para pencari Smartphone dengan kamera berkualitas super.


Selain fitur utama diatas, masih banyak fitur-fitur yang menakjubkan dari Nokia N8, seperti control manual untuk white balance dan adanya dukungan software untuk face recognition, membuat Nokia N8 dapat berfungsi layaknya sebuah kamera digital kelas professional dengan penggunaan yang sangat user friendly.

Rahasia Foto Kualitas Tinggi dengan Kamera 12MP pada Nokia N8
Berikut Fitur lengkap dari kamera Nokia N8 bagi kebutuhan Fotografi.
Kamera
• Kamera 12 megapiksel dengan lensa Carl Zeiss
• Perbesaran 1/1.83“ format sensor gambar pada optik
• Jendela bidik 16:9 selayar penuh dengan parameter layar sentuh yang mudah digunakan
• Lampu kilat Xenon dengan penghapusan red-eye otomatis
• Perangkat lunak untuk pengenalan wajah
• Autofokus
• Panjang fokus : 5,9 mm (setara dengan 28mm sampai 35mm format film)
• Angka F/Aperture: F2.8
• Format file foto : JPEG/EXIF
• Perbesaran hingga 2x (digital) untuk gambar
• Perbesaran hingga 3x (digital) untuk video
• Kamera kedua untuk panggilan video (VGA, 640 x 480 piksel)
• Fitur settingan favorit
• Menggunakan kontrol kamera manual untuk mengatur keseimbangan warna putih, mode pemandangan, kompensasi eksposure, nuansa warna, jendela bidik dengan grid, tingkat ketajaman, kontras, kontrol lampu kilat, sensitifitas cahaya(ISO), waktu hitung mundur, pengenalan wajah

Pengambilan gambar
• Pemberian tag lokasi otomatis (Geotagging) pada gambar dan video
• Gambar diambil pada orientasi yang benar secara otomatis
• Perbesaran dengan merapatkan jari di Penampil foto
• Melihat foto menurut kelompok tag, bulan, album, tayangan slide
• Editor foto
• Berbagi Online dengan konektivitas ke layanan berbagi yang populer

Lainnya
• Memori internal: 16 GB
• Slot kartu memori microSD yang dapat ditukar selagi dipakai, hingga 32GB
• Konektivitas microUSB ke PC berkecepatan tinggi

Dengan spesifikasi diatas, bisa dilihat bahwa Kamera 12 Mp Nokia N8 dapat memenuhi kebutuhan fotografi dengan sangat baik. Dan berikut hasil Foto yang diambil dengan Nokia N8 :

Rahasia Foto Kualitas Tinggi dengan Kamera 12MP pada Nokia N8 Rahasia Foto Kualitas Tinggi dengan Kamera 12MP pada Nokia N8 Rahasia Foto Kualitas Tinggi dengan Kamera 12MP pada Nokia N8 Rahasia Foto Kualitas Tinggi dengan Kamera 12MP pada Nokia N8

Klik pada foto untuk foto ukuran sesungguhnya

Cetak Foto seukuran Poster

Nampaknya Nokia tidak main-main dalam meluncurkan Nokia N8 berkamera 12 MP nya, Bayangkan betapa menyenangkan jika anda bisa mencetak foto kenangan anda seukuran poster tanpa takut berkurangnya kualitas gambar?

Sampai saat ini, memang kemampuan tertinggi dalam meringkus gambar melalui fitur kamera masih dimiliki oleh Nokia N8, yang mempunyai resolusi kamera 12 megapixel. Namun, tak lama lagi kamera ponsel cerdas dengan 16MP tak lama lagi akan hadir.

Pasalnya, Renesas Technology telah mengumumkan ketersediaan modul kamera yang dapat menyebabkan kamera mempunyai resolusi 16 megapiksel. Kemampuan ini akan semakin ditunjang dengan resolusi gambar 1920 × 1080.

Dikutip melalui Cellular News, Selasa (11/1/2011), perusahaan itu mengatakan dalam siaran singkat yang bertujuan untuk memulai produksi komersial pada bulan Maret 2011.


Selain maksimum 16 megapixel untuk gambar statis, perusahaan mengatakan bahwa modul baru menawarkan pemotretan terus menerus dengan kecepatan tinggi pada 15 frame per detik pada 13 megapixels.

Teknologi Pendukung nyah......


Sekarang, sebuah perusahaan bernama Optilux kembali mencoba menghadirkan teknologi lensa kamera ini kepada Anda. Dengan menggunakan lensa berbentuk cairan, memungkinkan kamera ponsel untuk mendapatan fokus yang lebih cepat, dan juga dapat digunakan untuk melakukan zooming dengan lebih dekat.

Optilux Liquid Lenses masih terus dalam tahap perkembangan dan uji coba. Kehadirannya baru akan dapat dinikmati di tahun 2013 dengan lensa berfitur auto-focus dan image stabilizition sedangkan untuk yang lensa zoom, baru akan tersedia di 2014

itulah  sedikit ke WOW an saya tentang teknologi kamera handphone/smartphone

lain kali mari kita gali lebih dalem lagi :)



1 comments:

Unknown October 28, 2013 at 10:46 PM  

baktiar jalil22/10/13
TOKO ASIA ELEKTRONIK
MenawarKan Produk asli dan bergaransi :

Harga Promo Stok barang terbatas ALAMAT TOKO.
ITC Roxy Mas LT 3 No 110C
Roxy Mas Lt 3 Blok A38-39,HP. PIN BB:24C19401
HUB:0853-2822-2842
Hasyim Ashari Jakarta Pusat
Kami Melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui via TIKI/JNE
BlackBerry Q5 - White | BlackBerry 10 OS, 3.1 inch, Dual Camera 5 MP + 2 MP
RP.2.050.000
BlackBerry Z10 - Black | BlackBerry 10 OS, Layar 4.2 inch, Dual Camera 8 MP + 2 MP Rp.2.300.000
BlackBerry Curve 9220 Davis - Pink | BlackBerry OS 7.1, Prosesor 800 Mhz, Camera 2 MP Rp.7500.000
BlackBerry Porsche Design P'9981 - Black (LIMITED EDITION) Rp.12.250.000
BlackBerry Q10 - Black | BlackBerry 10 OS, Layar 3.1 inch, Dual Camera 8 MP + 2 MP Rp.3.650.000
Samsung Galaxy Tab 3 (8.0) - White | Android Jelly Bean, 3G+WiFi, Call+SMS, Dual Core, 16 GB
Rp 2.449.000
Samsung Galaxy Note 8.0 - White | Quad-core 1.6 GHz Cortex-A9, Android v4.1 Jelly Bean, Layar 8 inch, Dual Camera 5 MP + 1.3 MP

Rp 2.650.000
Samsung Galaxy Tab 3 (7.0) - White | Android Jelly Bean v4.1, 3G+WiFi, Call+SMS, Dual Core 1.2 GHz | 3.15 MP | 16 GB

Rp 1.990.000
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) WiFi Only - White | Android Ice Cream Sandwich, Dual Core, 8 GB

Rp 1.009.000
Nokia Lumia 720 - 8 GB - Merah - Indosat RP 1.665.000
NOKIA ASHA 311 Rp.550.000
Nokia Lumia 620 - 8 GB - Cyan RP 1.229.000
Nokia Lumia 920 - 32 GB - Hitam RP 2.559.000
Nokia 206 - Dual GSM - Putih RP 429.500
Apple iPhone 5 32 GB - Black/Slate (TELKOMSEL) | Apple A6 Dual Core 1.2 GHz, Apple iOS 6, Layar 4 inch, Dual Camera 8 MP + 1.2 MP
Rp 10.199.000
Apple iPhone 5 16 GB - Black/Slate (TELKOMSEL) | Apple A6 Dual Core 1.2 GHz, Apple iOS 6, Layar 4 inch, Dual Camera 8 MP + 1.2 MP
Rp 8.799.000
Apple iPhone 5 64 GB - Black/Slate (TELKOMSEL) | Apple A6 Dual Core 1.2 GHz, Apple iOS 6, Layar 4 inch, Dual Camera 8 MP + 1.2 MP
Rp 11.499.000
Printer Canon - MF4820D Rp 1.550.000
Printer, Scanner, Copier & Fax - Brother MFC-J5910DW Rp 1.500.000
Printer Canon - L170 Rp 1.659.000
Printer Canon - MF4750 - Black Rp 2.179.000
Printer All in One Officejet HP - 7500A (C9309A)


Rp 2.349.000
Printer, Scanner, Copier & Fax - Brother MFC-J6710DW Rp 2.519.000
Printer Canon - MF4870DN - Black/White
Rp 5.179.000
Mesin Fotocopy Canon iR2016 Copy-Print Rp.4.500.000
Canon IR6020 Copy-Print-Scan Rp.17.000.000
Canon iR5020 Copy-Print-Scan Rp16.500.00
Canon iR5000 Copy-Print-Scan Rp.13.500.000
Canon iR5075 Copy-Print-Scan Rp.10.500.000
Canon iR5570 Copy-Print-Scan Rp.8.500.000

CARA TRANSAKSI:
Kami Hanya Melayani Yang Serius.
Kami melayani pembeli di seluruh indonesia.
Pembeli Diwajibkan Melakukan Pembayaran Harga Barang Yang Sesuai Dengan Barang Pesanannya.
Pengiriman barang melalui: JNE, TIKI, dan POS Express
Harga barang kami sudah termasuk ongkos kirim.
Barang yang rusak atau cacat pada saat pengiriman, akan kami gantikan kembali dengan barang yang sama.

KEUNTUNGAN BERBELANJA DI TOKO KAMI:
Barang berkualitas dan harga relatif lebih murah.
Dapat dikirim ke seluruh Indonesia.
Ongkos kirim gratis.
Keamanan dijamin 100% karena setiap pengiriman barang disertai dengan asuransi Dan Nomor resi
Proses cepat dan sederhana.
Produk terbaru dan uptdate.
Semua produk yang ditawarkan merupakan produk Asli, Baru & Tersegel.
Original & bergaransi Resmi.
Atau klik website kami di
WWW.ASIA-ELEKTRONIK.JIMDO.COM

Post a Comment

About me

Mengajak lebih banyak tahu tentang scanner,kamera,cara kerja,spesifikasi dan sisi lain teknologi

Powered by Blogger.

Chat with me



Total Pageviews